Rabu, 09 Februari 2011

Senjata Hacking, Telnet

Apa itu Telnet ?
Bagi yang belum pernah dengar berikut saya kutip sedikit penjelasan mengenai Telnet dai wikipedia :

Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.

Telnet sebenarnya hanyalah sebuah terminal yang memiliki kemampuan untuk mengakses remote computer termasuk menjalankan beberapa service yang ada di dalamnya. Melalui telnet inilah seseorang bisa terkoneksi antara komputer satu dengan komputer lainnya .

Perlu diketahui dalam komputer sebenarnya terdapat dua jenis port. Yang pertama adalah port fisik yang bisa anda lihat di belakang komputer ( pasti tau kan yang mana ... ). Jenis port yang kedua adalah port virtual. Di mana port fisik dibutuhkan untuk koneksi pada hardware komputer, sedangkan port virtual diperlukan untuk mengakses suatu software. Misalnya, port 80 untuk mengakses sebuah situs melalui browser. Jumlah port virtual yang dimiliki oleh TCP/IP adalah sebanyak 65.535.

Untuk melakukan koneksi melalui Telnet, anda hanya perlu mengetikkan code berikut di CMD ( DOS )
(tau kan cara buka CMD, tinggal masuk ke run, ketik CMD )

telnet www.situstarget.com

Apabila anda menggunakan perintah seperti itu, port yang diakses adalah port 23.
Port 23 merupakan port yang menjalankan Service Telnet

Apabila muncul pesan Could not open connection to the host, on port XX : Connect Failed , hal ini berarti menunjukkan bahwa port tersebut tidak tersedia

Untuk mengakses port lainnya, selain port 23, caranya dengan mengtikkan nomor port setelah nama target

Contohnya telnet www.situstarget.com 80

O ia www.situstarget.com itu juga bisa diganti dengan IP address, ( tentu saja ). :D. Semakin seru kan ...
Bayangkan saja bagaimana anda bisa masuk ke komputer orang lain setelah mengetahui IP address dan port yang bisa di exploit dari komputer tsb

Mau tau lebih banyak tentang telnet silakan coba game ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar