Sabtu, 12 Februari 2011

Hackers

Bagi sebagian orang, atau kebanyakan orang yang sudah cukup tahu tentang dunia internet, nama Hackers pasti sudah tidak asing lagi oleh para pendengarnya. Kebanyakan orang berpikir bahwa jika suatu komputer, PC, Laptop, jaringan internet atau yang berhubungan dengan internet jika mengalami suatu gangguan, misalnya sistem itu bekerja secara sendiri, maka bisa diambil hipotesa sementara bahwa sistem tersebut terkena ‘hack‘ dan yang melakukannya pasti ‘hacker‘. Namun itu hanya sebagian kecil dari definisi hacker. Definisi hacker sangat banyak, beragam dan luas, tergantung dari cara orang memandang. Namun secara harfiah, hacker bisa diartikan sebagai seseorang yang mempunyai keahlian teknologi untuk mengontrol komputer orang lain. Aktivitas dari seorang hacker bisa digolongkan menjadi 3 bagian, yaitu :

Hacker of Computer Security

Pekerjaan yang mengakses suatu sistem komputer dengan cara melewati sistem keamanan komputer itu sendiri. Biasanya aktivitas seperti ini berjalan pada perusahaan-perusahaan, kampus-kampus, antar teman dll.

Hacker of Progammable Subculture

Bertujuan untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak, mereka bekerja pada keinginan bahwa free software itu lebih baik. Adakalanya idealis mereka bahwa tidak suka akan software yang berbayar. Merubah software berbayar menjadi free software.

Hacker as Hobbies

Mereka bekerja pada dasarnya hanya untuk kesenangan semata. Entah itu untuk kesenangan pribadi, iseng, senang berbuat jahat demikian. Namun mereka bisa juga dikatakan sebagai hacker dari peralatan komputer dan elektronika.

Selain itu bisa dijelaskan juga jenis-jenis hacker secara umum, berikut 6 jenis hacker tersebut :

White Hat Hacker
White Hat Hacker dikenal sebagai ‘ethical hacker’ (technology information), atau bisa disebut seorang yang secara etik melawan serangan terhadap sistem komputer. Mereka sadar bahwa internet sekarang adalah perwakilan dari suara manusia. Seorang White Hat Hacker akan memfokuskan dirinya untuk membangun jaringan keamanan (security system), dimana Black Hat (rival) akan mencoba menghancurkannya.

White Hat Hacker juga seringkali digambarkan sebagai orang yang menerobos jaringan untuk menolong pemilik jaringan menemukan cacat pada sistem keamanannya. Banyak dari mereka yang dipekerjakan oleh perusahaan computer security, mereka disebut sebagai sneakers. Sekumpulan dari orang ini disebut tiger teams. Perbedaan mendasar antara White Hat dan Black Hat adalah White Hat Hacker mengklaim mereka mengobservasi dengan Etika Hacker. Seperti Black Hat, White Hat biasanya sangat mengerti internal detail dari security system, dan dapat menciptakan kode untuk memecahkan masalah yang ada.

Red Hat Hacker
Secara sederhana, Red Hat Hacker berpikir secara :
* Hat (Fire)
* Intuition - gerak hati atau insting
* Opinion
* Emotion (subjective)

Yellow Hat Hacker
Secara sederhana, Yellow Hat Hacker berpikir secara :
* Hat (Sun)
* Praise - senang mendapat pujian atau penghargaan
* Positive aspects (objective)

Black Hat Hacker
Black Hat Hacker (Darkside Hacker) ialah hacker yang berorientasi pada kriminal dengan sifat merusak. Biasanya mereka ada diluar security industry dengan para modern programmers. Biasanya Black Hat Hacker memiliki pengetahuan tentang kecacatan system dan mengeksploitasinya untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Banyak Black Hat Hacker mengutamakan kebebasan individu daripada accessibility dari privacy dan security. Black Hat Hacker akan mencari cara untuk membuat lubang yang terbuka pada system menjadi semakin lebar, mereka akan melakukan segala cara untuk membuat dirinya memiliki kontrol atas sistem. Black Hat Hacker akan bekerja untuk menghasilkan kerusakan dan ancaman atau memeras seseorang.

Black Hat Hacking adalah sebuah tindakan yang tidak disetujui dari pihak berwenang, biasanya dilakukan pada komputer yang terhubung dengan jaringan. Kejahatan yang mereka lakuakan seperti ini sering disebut juga dengan cyber crime

Green Hat Hacker
Secara sederhana, seorang Green Hat Hacker berpikir secara :
* Hat (Plant)
* Alternatives
* New approaches - awal yang baru atau ide baru
* Everything goes (speculatif)

Blue Hat Hacker
Secara sederhana, Blue Hat Hacker berpkir secara:
* Hat (Sky)
* Big Picture
* Conductor hat
* Thinking about thinking - memikirkan suatu pendapat
* Overall process (overview)
* Menunjuk kepada perusahaan konsultasi komputer security yang digunakan untuk menjalankan bug test sebelum system dijalankan

Grey Hat Hacker (Other)
Grey Hat Hacker dalam komunitas komputer security, adalah hacker dengan skill yang terkadang bertindak secara legal dengan itikad baik, tapi kadang juga tidak. Ia adalah perpaduan dari White Hat Hacker dan Black Hat Hacker. Mereka melakukan hack untuk keuntungan pribadi tapi tidak memiliki tujuan yang merusak. Sebagai contoh, sebuah serangan terhadap bisnis perusahaan dengan praktik tidak ethis dapat dikatakan sebagai tindakan Black Hat Hacker. Tetapi, seorang Gray Hat Hacker tidak akan melakukan sesuatu yang jahat, walaupun dia telah melanggar hukum. Jadi bukannya dikatakan sebagai Black Hat Hacker, dia dikatakan sebagai Grey Hat Hacker. Seorang yang masuk ke system komputer hanya untuk meninggalkan jejak, dan tidak melakukan tindakan perusakan, ini yang dinamakan Grey Hat Hacker. Orang-orang juga senang melakukan ini, karena mereka menganggap bahwa mereka tidak sepenuhnya salah maupun benar :)

Namun seperti yang dijelaskan pada awal paragraf tadi bahwa hacker adalah seseorang yang mempunyai keahlian teknologi untuk mengontrol komputer orang lain, diluar kemampuannya sebagai ‘hacker baik‘ maupun ‘hacker jahat‘ kita harus tetap waspada :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar